Kamis, 28 Juli 2016

Jelaskan perbedaan ciri-ciri candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Jelaskan perbedaan ciri-ciri candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Candi adalah bangunan kuno yang mana dibikin dari batu. Candi dipakai sebagai tempat pemujaan, ibadah atau makam rajaraja. Di Jawa Timur terdapat banyak candi yang menjadi peninggalan Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit. Candi yang ditinggalkan dari Kerajaan Singasari antara lain : Candi Jago (Jajaghu) sebagai makam Raja Wisnuwardhana, Candi Jawi sebagai makam Raja Kertanegara, dan Candi Kidal sebagai makam Raja Anusapati. Sedangkan candi yang ditinggalkan dari Kerajaan Majapahit diantaranya adalah Candi Penataran di Blitar, Candi Tikus di Trowulan dan Candi Jabung di Kraksaan. Di Jawa Tengah ada sebuah Candi Gedong Songo, Candi Borobudur dan Candi Mendut. Candi-candi itu adalah bukti dari Kerajaan Mataram Kuno atau Mataram Lama.

Candi Gedong Songo dibuat di masa Dinasti Sanjaya. Candi Borobudur dan Candi Mendut dibuat di masa Dinasti Syailendra, yang mana menjadi tempat ibadah umat Buddha. Candi Borobudur berupa sebuah bangunan terdiri dari sepuluh tingkat. Tingkat paling atas terdapat stupa. Candi ini terletak di desa Borobudur Kabupaten Magelang. Didirikan pada tahun 824 Masehi, pada masa pemerintahan Raja Samaratungga.

Peninggalan sejarah seperti candi memiliki ciri yang tak sama antara di tempat satu dengan tempat yang lain. Contohnya antara lain yaitu; pertama, Candi-candi di Jawa Timur, yang pada biasanya adalah candi Hindu, bentuknya cenderung langsing. Fungsinya sebagai pemakaman dan pemujaan dewa. Kedua, Candi-candi di Jawa Tengah pada biasanya adalah candi Buddha, bentuknya cenderung tambun. Berfungsi sebagai tempat ibadah.

Pertanyaan : Jelaskan perbedaan ciri-ciri candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur!
Jawab :
Candi  Jawa  Tengah: Candi mempunyai bentuk tambun yang atapnya berundak-undak. Reliefnya tibul dan condong tinggi dengan adanya hiasan lukisan bercorak naturalis. Puncak candi mempunyai bentuk ratna atu stupa. Candi terbuat dari batu andesit. Candi induk terletak di tengah halaman. Candi menghadap ke arah timur.
Candi Jawa Timur: Candi memiliki bentuk yang ramping dan atapnya adalah perpaduan dari tingkatan. Reliegnya timbul sedikit dan hiasan lukisannya memiliki bentuk simbolis bagaikan wayang kulit. Puncak candi memiliki bentuk kubus. Candinya dibuat dari batu bata. Candi induk berada di belakang halaman. Candi mengarah ke bara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar