Jumat, 11 Maret 2016

Apa itu berita ?

Sudah banyak pandangan mengenai berita yang dirilis oleh para teoritisi dan praktisi media. Ada yang mengatakan bila NEWS itu adalah informasi yang datang dari mepat penjuru mata angin (N)otrh-(E)ast-(W)est-(S)outh. Berita adalah informasi terkini yang dapat muncul dari mana saja. Ada juga yang mamandang kalau News itu adalah bentuk plural dari new yang berarti baru karena itu berita harus selalu terkait dengan hal hal atau kejadian yang baru yang dianggap menarik.
Terdapat pula yang sudah cukup lama popular di kalangan orang pers. Jika anjing menggigit orang itu bukan berita, tetapi jika orang menggigit anjing itu baru berita. Ungkapan itu sesungguhan pertama kali keluar dari Charles Anderson Dana (1882).

Tapi menurut Mahbub Djuanidi seorang kolumnis kawakan, “berhubungan jarang sekali ada lelaki menguber dan menggigit anjing, apa itu artinya Koran mesti kosong ? tentu saja tidak. Masih banyak hal yang sama menariknya dengan kejadian itu”.

Lagi pula bukanlah anjing menggigit orang bisa juga jadi berita, kalau yang digigit itu adalah selebritas, atau orang penting dan terkenal seperti presiden atau mungkin ada para pejabat atau orang terkenal yang digigit anjing? Kalau menunggu mereka digigit anjing, kapan berita akan muncul?.
Sebuah berita layak diangkat sebagai berita karena ia dopandang mempunyai nilai berita. Semakin tinggi nilai beritanya semakin layak ia diangkat sebagai berita. Menarik tidakn ya sebuah kejadian atau peristiwa untuk diangkat sebagai berita akan sangat beruntung pada berbagai factor.

Peristiwa peristiwa dan situasi situasi tertentu bisa dipandang layak berita karena umumnya hal itu mempunyai karakteristik, seperti berikut ini. Tentu saja tidak semua kisah berita akan memiliki semua kualitas ini, namun semua kisah berita bisa dipastikan akan memiliki beberapa diantara cirri cirri itu.

Dari persefetif surat kabar
1. Berita itu tidak biasa
2. Berita itu baru
3. Berita itu menginformasikan dan menjelaskan dengan cepat
4. Berita itu memiliki daya tarik yang luas dan umum
5. Berita itu local
6. Berita itu memiliki dampak
7. Berita itu menarik
8. Berita itu tepat pada waktunya
9. Berita itu dekat
10. Berita itu informasi
11. Berita itu konflik
12. Berita itu tentang manusia
13. Berita itu melibatkan orang terkenal
14. Berita itu mengejutkan

Dari persepektif Majalah
1. Berita itu adalah terkait dengan kepentingan majalah
2. Berita itu melibatkan kepentingan orang terkenal
3. Berita itu menghibur selain menginformasikan dan menjelaskan

Dari pesepektif Broadcast
1. Berita itu visual
2. Berita itu hidup
3. Berita itu local (atau nasional dan atau internasional bagi berita jaringan)
4. Berita itu personal
5. Berita itu melinatkan orang terkenal