Senin, 14 Maret 2016

Membuat Judul Berita, dan Lead atau Intro

Sebuah berita yang punya nilai berita tinggi sekalipun akan kurang greget dimata pembaca kala tidak diberi judul yang menarik. Judul atau kepala berita atau headline haruslah ditulis dengan bahasa yang singkat, lugas dan menarik. Tidak ada ketentuan baku berapa kata sebaiknya untuk sebuah judul berita. Ada yang mengatakan antara 1-7 kata dan ada yang mengatakan 1-10 kata.

Prinsipnya adalah judul harus singakt dan lugas. Agar lugas, anda dianjurkan sekali agar menggunakan kalimat aktif ketimbang pasif. Anda juga dianjurkan menggunakan nuansa kata kata yang akrab di mata pembaca.

Apa fungsi sebuah judul bagi sebuah berita? Jawabannya bisa beragam, tetapi dengan mengetahui fungsi judul begi sebuah kisah berita, diharapkan anda bisa membuat judul yang lebih menggoda pembaca untuk meeruskan membaca kisah anda. Ada beberapa fungsi judul, yaitu :

1. Judul ingin menarik perhatian
2. Judul ingin menggambarkan kandungan berita
3. Judul ingin meringkaskan isi berita
4. Judul ingin mengesankan pembaca
5. Judul ingin menytakkan pembaca

Mambuat Lead
"news writing always starts with the most imortant fact," demikian ungkap Lynette Sheridan Burnns, penulis buku Understanding Journalism. Lead adalah pembuka kisah berita. Karena itu ia harus memuat fakta yang paling pennting dari kisah berita.

sekali sudut pandang atau persepektif sudah ditetapkan, biasanya penulis berita harus segera melangkah ke tahap selanjutnya, yakni membuat pendahuluan. Lead adalah kalimat pembuka atau kalimat pertama atau peragraf pertama dari sebuah kisah dan bahkan dianggap yang paling penting dari sebuah kisah berita. Lead dalam sebuah kisah berita bisa berfungis untuk :

1. menyatakan hal yang paling penting
2. menarik perhatian
3. merangsang nafsu pembaca
4. pemandu arah jalan masuk ke seluruh bagian berita