Minggu, 13 Maret 2016

Struktur kisah berita

Kalau formulasi penulisan dasar sudah dipahami, selanjutnya tinggal begaimana membuat kisah berita itu agar menarik pembaca. kalau anda membayangkan sebuah kisah berita itu sebuah bangunan, maka akan tampaklah bahwa cerita it merupakan sebuah struktur bangunan kisah dengan bagian bagiannya.

Lalu bagaimana struktur jisah berita kana disusun, akan sangat bergantung pada bagian bagian yang mendukung. Sebuah berita secara sederhana terdiri dari judul, lead/intro, tubuh berita, dan penutup.
Jadi pertama tama yang harus kita lakukan tentu saja membuat judul. Judul atau kepala berita haruslah ditulis dengan bahas singkat, lugas dan menarik.

Kemudian baru lead atau intro. Apa yang dinilai paling penting harus dirumuskan dalam lead. Menulis lead dianggap merupakan bagian tersulit dalam menulis sebuah kisah berita, tetapi sebenarnya ia bukanlah satu satunya. Masaih ada hal lain yang tak kalah pentingnya.
Biasanya nasihat tradisonal bagi para penulis berita pemula adalah menggunakan struktur "piramida terbalik" : mulailah dengan fakta fakta yang paling penting dan teruskan ke fakta yang kurang penting.

Namun tentu saja, kisah berita bukan sekedar daftar atau deretan fakta yang disusun dalam urutan yang menunjukan segi pentingnya. Kisah berita haruslah ditulis mengalir satu demi satu, menyajikan ke ublik unsur unsur fakta yang esensial dan informasi insidental yang diperlukan untuk membuat makna peristiwa menjadi jelas.

Ada sejumlah usnsur berita yang umumnya terdapat dalam sebagian besar kisah berita, dan ada beberapa prektik umum yang biasa di ikuti saat menempatkan unsur unsur ini dalam cerita.
Sebagian kisah mengandung unsur unsur ini

1. Judul
2. Lead
3. Hal hal sekunder dalam transisi yang saling berhubungan
4. Elaborasi tentang poin utama
5. Dukungan terhadapa lead
6. Latar belakang
7. Pengembangan ide utama
8. Perincian/ detail

Dari unsur unsur itu, kisah berita kemudian disusun dan di kembangkan dalam sejumlah pola yang bisa kita bayangkan seperti sebuah struktur bangunan cerita dengan unsur unsur poko dan unsur unsur pendukungnya. Struktur penulisan berita yan paling umum dan dianggap konvensional adalah struktur segitiga atau piramida terbalik